fbpx

Dompet Al-Quran Indonesia (DQ) terus gencar menjalankan program-program dan memberikan manfaat pada masyarakat. Salah satunya adalah dengan mewujudkan program Dakwah Care. Salah satu bentuk programnya dengan ikut andil dalam suksesnya acara Story Telling Training yang diadakan oleh Komunitas Pencinta Dongeng Dengung Lebah di Urban Food Court Makmu Pondok Jati, Sidoarjo.

Bu Dyah and Team sebagai penanggung jawab acara mengemas acara dengan cantik dan menarik. Kak Dhian Noeswantari sebagai pemateri Training tersebut menyampaikan program ini juga bagian dari dakwah. Acara ini disambut baik oleh masyarakat Sidoarjo, khususnya para pencinta dongeng.

Baca juga: Qur’an Fever DQ Bergema di Bondowoso
DQ Dukung Acara Story Telling Training

DQ Dukung Acara Story Telling Training

Sebagian besar peserta berasal dari kalangan ibu-ibu yang sudah memiliki anak dan ingin bisa mendongeng, untuk interaksi lebih berkualitas bersama putra putri mereka. Selain mengembangkan keterampilan mereka, sebagai seorang ibu mempunyai visi jauh ke depan.

Tema acara tersebut adalah mengembangkan kemampuan story telling sebagai ketrampilan berbicara berkualitas atau sering disebut dengan Publik Speaking. Di zaman seperti ini, kemampuan public speaking sangat diperlukan. Sebagai bentuk komunikasi, public speaking juga dapat melatih kepercayaan diri dan meningkatkan kualitas diri. Selain itu, Bu Dhian juga mengaku bahwa acara ini memiliki fungsi terapi.

Sebuah penelitian mengatakan bahwa story telling dapat menyembuhkan masalah psikis seperti trauma masa lalu. Trauma dapat disembuhkan dengan cara memperbaiki cerita yang telah terjadi dan menceritakannya kembali. Dengan kata lain, pengalaman buruk bisa berubah menjadi bermakna melalui story telling.

Baca juga: Dompet Al Quran Indonesia Bina Mualaf di Pamekasan

“Melalui acara ini, kami berharap peserta dapat memperoleh banyak manfaat. Selain meningkatnya kemampuan story telling, kepercayaan diri peserta juga ikut terlatih yang berbanding lurus dengan sifat-sifat keibuan dan kepemimpinan yang dibutuhkan dalam kehidupan bermasyarakat,” ujar Bu Dhian.

Dakwah Care merupakan salah satu program unggulan DQ berbasis kebutuhan masyarakat yang juga terdiri dari Education Care, Economy Care dan Humanity Care. Dakwah Care adalah program layanan dakwah masyarakat yang telah diwujudkan dalam acara story telling training tersebut. Melalui acara Story Telling Training, DQ telah mendukung upaya edukasi pentingnya public speaking serta manfaatnya dalam pendidikan anak, dan membangun kualitas diri.

Share This