fbpx

Dompet Al Quran Indonesia (DQ) secara cepat dan serius proaktif menyikapi  merebaknya pandemi Covid 19 dengan berbagai cara. Seperti di hari Senin, 23 maret 2020 para relawan kemanusiaan DQ melakukan semprot desinfektan di lantai utama, kamar mandi serta tempat wudlu masjid Agung Sidoarjo.

Demi kekhusyukan, keamanan dan kesehatan jamaah di rumah ibadah, DQ membantu takmir Masjid Agung Sidoarjo untuk melakukan sterilisasi seluruh area masjid dengan menyemprotkan cairan disinfektan guna pencegahan virus corona (COVID-19).

Langkah awal penyemprotan yang dilakukan di masjid berkapasitas 8.000 jamaah ini dilakukan setelah sholat dzuhur hingga menjelang ashar. Dengan semangat para relawan DQ mengerahkan seluruh tim yang sudah dibekali dengan perangkat peralatan lengkap. Diantaranya seperti electric sprayer, ULV cold fogger, mist blower dan sebagainya.

Baca juga: Cegah Corona, DQ Semprot Disinfektan di Halte

“Kami sebagai bagian dari jamaah Masjid Agung Sidoarjo ikut memiliki tanggung jawab terhadap kenyamanan aktivitas peribadatan di masjid kebanggaan warga Sidoarjo ini. Alhamdulillah, para relawan kemanusiaan DQ didukung takmir sepenuhnya bekerja sama dengan baik untuk melakukan kegiatan penyemprotan disinfektan dalam rangka sterilisasi area” ujar Warang Agung, Manajer Pendayagunaan DQ yang turut terjun langsung ke lokasi.

Sesuai dengan anjuran pemerintah, sejak beberapa waktu yang lalu karpet tebal sebagai sarana peribadatan sudah digulung dan tidak digunakan untuk sementara waktu. Sehingga penyemprotan terhadap lantai utama peribadatan di Masjid Agung Sidoarjo dapat dilakukan dengan lancar.

“Kami menyampaikan terima kasih kepada para donatur yang telah membantu dengan menyampaikan kepeduliannya kepada DQ. Mudah-mudahan tidak berhenti di sini dan berlanjut hingga ke depannya nanti, mengingat kebutuhan untuk penyemprotan disinfektan ini masih cukup besar permintaan dari masyarakat” imbuh Warang.

Harapan kedepannya, melalui kegiatan ini banyak masjid khususnya di kabupaten Sidoarjo dapat melakukan hal yang sama dilakukan DQ. Namun disisi lain DQ juga mengimbau kepada masyarakat untuk mengikuti anjuran dari pemerintah untuk beribadah di rumah.

Baca juga: DQ Siap Semprot Desinfektan se-Jawa Timur

Muhammad Arifin Selaku takmir Masjid Agung Sidoarjo, sangat berterima kasih atas bantuan yang diberikan oleh pihak DQ. “Terima kasih kepada DQ atas usaha penyemprotan disinfektan  guna mengatasi covid19 ini. Mudah-mudahan kegiatan ini bermanfaat bagi seluruh jamaah Masjid Agung. Kami juga mengharapkan bantuan dari masyarakat sekitar terkait pencegahan penyebaran wabah ini.” ujar Arifin kepada DQ usai kegiatan dilakukan.

Tidak hanya di Masjid yang terletak di alun-alun sidoarjo saja yang menjadi tempat aksi para relawan kemanusiaan DQ. Masjid Baitul Makmur yang berada di Perumahan Citra City Sarirogo menjadi lokasi penyemprotan yang tidak luput dari perhatian.

Selain berterima kasih, takmir masjid yang sebenarnya berencana melakukan sterilisasi mandiri juga berharap agar setelah kegiatan sterilisasi, membuat para jamaah yang akan beribadah tidak lagi khawatir terjangkit Corona. Tidak ketinggalan fasilitas dan area bermain anak-anak di depan masjid ini juga tidak luput dari penyemprotan disinfektan.

Mengingat jika jumlah kasus Covid-19 di Jawa Timur khususnya  Sidoarjo setiap harinya terus bertambah. Menurut data www.infocovid19.jatimprov.go.id, terdapat 21  Orang Dalam Pemantauan (ODP), 14 Pasien Dalam Pengawasan (PDP), dan 5 terkonformasi positif Covid-19.

Ini menjadi alasan kuat DQ terus menggaungkan ajakan kepada masyarakat untuk mencegah dan berdonasi untuk mencegah penyebaran virus corona. Masyarakat dapat membantu aksi ini melalui donasi #BersamaDQLawanCorona. Karena sedekah dapat menjauhkan dari bencana.

Share This