fbpx

DQ berbagi diawali oleh pandemi yang sedang melanda negara ini. Banyak sekolah dan juga perkantoran yang mengambil kebijakan untuk belajar dan bekerja di rumah. Hal ini juga didukung oleh himbauan pemerintah agar masyarakat tetap berada di rumah guna meminimalisir penyebaran virus. Tak heran bila hal ini banyak dimanfaatkan oleh sebagian masyarakat untuk berkumpul di rumah bersama keluarga dan demi melindungi diri dari wabah Covid-19.

Namun, tahukan kamu? Di saat banyak orang berlindung di rumah masing-masing, masih ada saudara kita khususnya para dhuafa yang masih bekerja diluar menjadi tulang punggung keluarganya agar tetap bisa menyambung hidup. Bukannya mereka tidak taat peraturan pemerintah untuk tetap berdiam dirumah, keadaanlah yang memaksa mereka untuk tetap berada diluar demi mengais rezeki.

Apa yang bisa kita lakukan melihat keadaan seperti itu? Ya, dengan bersedekah. Bersedekah memang amalan yang sangat luas cakupannya, salah satunya yakni sedekah dengan memberikan makanan kepada orang lain yang mebutuhkan. Sedekah termasuk amal ibadah yang disukai Allah dan Allah tidak akan segan untuk memberikan pahala besar atas amalan ini.

Baca juga: Lantai Masjid Agung Sidoarjo Basah Desinfektan Berkat Aksi DQ

Ajaran untuk bersedekah berupa makanan kepada orang fakir miskin dan dhuafa merupakan pedoman agar kita mendapatkan kebahagiaan di dunia dan di akhirat. Manfaat dari amal ini tidak hanya dirasakan oleh sang orang miskin yang menerima makanan. Namun tetapi akan turut dirasakan oleh sang pemberi, bahkan dirasakan oleh orang-orang yang berada di lingkungan tersebut. Allah SWT berfirman :

“Tahukah kamu (orang) yang mendustakan hari pembalasan? Itulah orang yang menghardik anak yatim, dan tidak menganjurkan memberi makan orang miskin. Maka kecelakaanlah bagi orang-orang yang shalat, (yaitu) orang-orang yang lalai dari shalatnya. Orang-orang yang berbuat riya’  dan enggan (menolong dengan) barang berguna.” (QS Al Maa’uun: 1-7)

Sebagai wujud nyata dari aksi 1000 Kepedulian #BersamaDQLawanCorona, Relawan Dompet Al-Qur’an Indonesia (DQ) diberi kesempatan untuk menyalurkan bantuan berupa makanan & minuman kepada para dhuafa dan pekerja jalanan seperti tukang becak dan juga driver online.

Aksi DQ berbagi berupa pembagian makanan dan minuman ini dilakukan di pinggiran jalan kota Surabaya (31/3). Fauzi selaku Koordinator Program DQ Lawan Corona menjelaskan bahwa Lembaga DQ akan tetap berjuang membantu masyarakat yang membutuhkan dalam kondisi apapun.

Baca juga: Cegah Corona, DQ Semprot Disinfektan di Halte

“Wabah Covid-19 memberikan banyak dampak dan juga hikmah di kehidupan kita. Kita tahu bahwa akibat dari wabah ini ekonomi melemah. Perkantoran banyak yang memperkerjakan karyawannya di rumah, sekolah diliburkan, pusat perbelanjaan baik itu pasar atau mall-mall besar banyak yang tutup. Mereka ini (dhuafa) yang kesehariannya bekerja mengandalkan orang lain akan dapat uang dari mana? Dagangannya sepi pembeli, sedangkan kebutuhan mereka harus terpenuhi,” jelas Fauzi saat ditemui di lokasi yang berbeda.

Tidak berhenti sampai hari itu saja, relawan DQ akan terus berjuang untuk membantu para dhuafa dan pekerja yang masih aktif bekerja di jalanan. Alangkah baiknya, jika kita bisa tetap membantu sesama meskipun dalam keadaan sulit seperti ini (wabah).

Fauzi juga mengharapkan, aksi 1000 kepedulian ini dapat menggerakan hati masyarakat untuk lebih rajin membantu. Menolong saudara kita yang membutuhkan meskipun dalam kondisi sulit sekalipun. Perekonomian boleh melemah akibat wabah ini. Namun, semangat DQ berbagi untuk membatu sesama tidak boleh dan tidak akan melemah. Semoga hidup ini akan selalu bermakna dan banyak kemudahan semua doa dan harapan kita dengan berbagi bersama masyarakat yatim dhuafa.

Share This