fbpx

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA — Semeru kembali menderu. Ribuan orang terdampak, kehilangan tempat tinggal, pencaharian, lahan pertanian, harta benda, bahkan tak sedikit yang kehilangan nyawa.

Sebagai Lembaga Amil Zakat di Jawa Timur, tempat di mana Gunung Semeru berada, Dompet Al-Qur’an Indonesia (DQ) merasa terpanggil untuk peduli pada para korban Erupsi Semeru.

Buka Posko Dekat Lokasi

Salah satu keseriusan DQ dalam membantu korban Erupsi Semeru ini adalah dengan membuka Posko yang dekat lokasi bencana, tepatnya di pertigaan sebelum Kantor Desa Oro- Oro Ombo, Pronojiwo, Lumajang.

Posko DQ ini terbuka untuk semua orang, komunitas, organisasi, lembaga dan masyarakat lainnya. Bagi mereka yang ingin menyalurkan bantuan ke korban Semeru, bisa berkolaborasi dengan DQ. Apalagi Posko DQ ini tempatnya sangat layak dan strategis.

Program Jangka Panjang Untuk Program

Direktur DQ, Agung Heru Setiawan, menyampaikan, “Proses penanganan korban Semeru ini masih panjang. DQ akan terus memantau situasi dan mencoba memberikan bantuan terbaik sesuai kemampuan kami.”

Sejauh ini, DQ sudah menyalurkan bantuan kebutuhan pokok untuk korban. Seperti sembako, makanan, pakaian, perlengkapan ibu & anak, dan lainnya. Tak hanya itu, DQ juga melakukan program psikososial dan trauma healing, seperti yang baru saja dilakukan DQ Blitar di SDN Oro-oro Ombo 1, sembari membagikan bantuan alat sekolah untuk siswa.

Saat ini, DQ sudah merancang beberapa program yang akan dilakukan di posko untuk membantu agar bencana Semeru ini cepat pulih. Di antara yang akan dilakukan adalah; santunan anak yatim korban Semeru, bekam dan pengobatan gratis, pijat gratis untuk relawan dan korban, trauma healing secara berkala, dan lainnya.

Dalam masa recovery DQ insyaAllah juga akan partisipasi dan kolaborasi pengadaan hunian sementara untuk para korban yang kehilangan tempat tinggal.