Bagi tenaga medis, bantuan alat pelindung diri (APD) sangat dibutuhkan bagi mereka yang menjadi garda terdepan dalam menangani Covid-19. Inilah yang menjadi salah satu alasan DQ untuk memberikan bantuan berupa paket APD dan juga Hygiene Kit kepada RSUD dr Soetomo Surabaya (20/4).

Agung Heru Setiawan selaku Direktur DQ, menyerahkan langsung bantuan APD kepada Direktur RSUD dr Soetomo Dr. Joni Wahyuhadi, dr., Sp.BS (K). Bantuan ini diberikan sebagai bentuk empati DQ dan para donatur kepada para tenaga medis yang telah banyak berjasa dalam merawat dan menyembuhkan pasien Covid-19.

Ia juga mengatakan bahwa persediaan APD bagi tenaga medis sudah menipis. Sedangkan alat itu sendiri merupakan perlengkapan paling penting bagi tenaga medis dalam menangani pasien terinfeksi Covid-19. Dalam satu hari kebutuhan hazmat setiap pasien positif sebanyak 11 pieces. Sehingga jika dikalikan jumlah pasien yang ada, jelas kebutuhannya tidak mencukupi. Beberapa produsen APD pun sudah banyak yang terikat kontrak dengan distributor nasional.

Baca juga: Bantu Perangi Covid-19, Amil DQ Sumbang Sebagian Gaji

“Persediaan alat pelindung diri (APD) yang dikenakan dokter dan perawat untuk menangani pasien infeksi virus corona (Covid-19) di Indonesia menipis. Padahal itu merupakan perlengkapan utama mereka setiap menghadapi, merawat, dan mengobati pasien terinfeksi Covid-19,” ujar Agung Heru Setiawan saat diwawancari.

Tingkat penularan yang cukup tinggi dari covid-19 mewajibkan para tenaga medis menggunakan APD yang tepat dan sesuai standar. Tanpa alat itu, para tenaga medis baik itu para dokter dan perawat hingga sopir ambulans akan rentan terinfeksi virus.

Mengingat sudah banyak berita mengenai tenaga medis yang menginggal dunia akibat tertular pada saat melakukan penanganan pasien covid-19. Salah satu faktornya adalah karena keterbatasan dan pengenaan APD yang tidak tepat sehingga tidak memenuhi standar saat melakukan penanganan kepada pasien Covid-19.

Baca juga: DQ Bagikan Sembako & Masker untuk Tukang Becak di Tengah Wabah Covid-19

“Melihat keprihatinan ini, DQ ikut berkontribusi bergerak untuk membuat penggalangan dana atau donasi untuk memenuhi kebutuhan APD rumah sakit. Semakin banyak yang membantu semakin mempermudah dan memperingan tugas-tugas mulia pada dokter, perawat, dan tenaga medis lainnya dalam menjalankan tugasnya,” imbuh Agung Heru Setiawan.

Pihak RSUD dr Soetomo menyampaikan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada DQ dan para donatur atas bantuan dari berupa APD. Joni Wahyudi mengatakan bahwa kebutuhan akan APD sangat dibutuhkan oleh para tenaga medis di RSUD dr Soetomo saat ini.

DQ akan terus berupaya membantu dalam upaya pencegahan penyebaran virus Covid-19. Semoga dengan bantuan APD para tim medis dapat menumbuhkan kembali semangat juang untuk para pahlawan garda depan yang telah memerangi Covid-19. DQ juga mengajak untuk para masyarakat untuk membantu para tenaga medis dan masyarakat terdampak Covid-19 melalui gerakan #BersamaDQLAwanCorona.

Share This