fbpx

Penyebaran virus corona (COVID-19) yang semakin masif menimbulkan banyak masalah, terutama terhadap sektor perekonomian. Tidak sedikit masyarakat yang terpaksa kehilangan pekerjaan akibat virus ini. Prihatin melihat kondisi tersebut, para amil Dompet Al-Qur’an Indonesia (DQ) Sidoarjo berinisiatif menyumbangkan sebagian gajinya sebagai bentuk kepedulian dalam penanganan Covid-19.

Sebagai lembaga pengelola zakat, infaq, sedekah dan wakaf, DQ sudah sepatutnya memberikan contoh kepada masyarakat untuk saling menolong di masa-masa sulit seperti ini, salah satunya dengan gerakan menyumbangkan sebagian gaji karyawan untuk masayarakat terdampak Covid-19.

Baca juga: DQ Bagikan Sembako & Masker untuk Tukang Becak di Tengah Wabah Covid-19

Menurut Agung Heru Setiawan selaku Direktur DQ, ia merasa tidak tega menikmati gaji. Sementara banyak saudara setanah air yang menderita akibat wabah Covid-19. Ia mengajak kepada seluruh karyawannya untuk menyumbangkan sebagian gajinya sampai kondisi terbebas dari Covid-19.

“Kami sangat bersyukur teman-teman Amil DQ berinisiatif menginfaqkan sebagian penghasilannya tiap bulan selama satu tahun agar dapat membantu masyarakat yang telah terdampak wabah virus corona. Sehingga teman-teman juga ikut merasakan apa yang dirasakan masyarakat saat ini,” ujar Agung Heru Setiawan saat diwawancarai.

Sebelumnya para amil DQ juga melakukan aksi kemanusiaan dalam program #BersamaDQLawanCorona untuk membantu masyarakat terdampak. Program tersebut berupa penyemprotan diinfektan secara gratis di sejumlah fasilitas umum dan sarana pendidikan. Tidak hanya itu, DQ juga membagikan paket sembako serta masker dan hand sanitizer kepada masyarakat kurang mampu dan sejumlah pekerja informal. Seperti para tukang becak, pedagang kecil dan driver ojol.

“Saya dan para Amil DQ lainnya juga sangat semangat dengan aksi-aksi lawan corona. Seperti penyemprotan disinfektan ke fasilitas ibadah dan umum, pembagian sembako, masker, dan hand sanitizer. Namun, tak cukup sampai di situ. Demi memaksimalkan bantuan yang kami, kegiatan ini juga dilengkapi dengan gerakan menginfaqkan sebagian penghasilannya untuk program tersebut. Itu sebagai bentuk kepedulian kami pada masyarakat,” imbuh Agung Heru Setiawan.

Baca juga: DQ Berbagi Makanan Untuk Dhuafa dan Driver Ojol

Harapannya dengan sebagian gaji yang disumbangakan oleh para Amil DQ, selain untuk membantu para masyarakat terdampak Covid-19, bantuan ini juga dapat digunakan untuk memenuhi kebutuhan bagi tenaga medis seperti penyediaan masker medis dan juga penyediaan makanan dan vitamin sebagai garda terdepan melawan Covid-19.

Chandra Puja Mulya sebagai salah satu Amil DQ menyambut baik gerakan untuk menyisihkan sebagian gaji untuk perangi Covid-19.

“Kita tidak pernah tahu kapan pandemi ini berakhir. Tak banyak yang dapat saya lakukan selain membantu dan mencukupi kebutuhan saudara kita yang sedang kesusahan perekonomian. Lewat kepedulian yang saya dan teman-teman Amil DQ berikan, semoga dapat membantu jutaan saudara kita di luar sana,” ujar Chandra.

Sudah banyak yang sembuh, kita harus tetep semangat dengan selalu berpikir positif dan tetap waspada. Semoga mata rantai penularan Covid-19 segera terputus dan kehidupan masyarakat berjalan normal kembali. Allahu Musta’an.

Share This