fbpx

Islam telah mengajarkan kepada kita bahwa sedekah adalah amal ibadah yang sangat dianjurkan untuk dilakukan oleh seluruh umatnya. Ada sejumlah keutamaan sedekah mulai dari  menyembuhkan penyakit, menenangkan hati, menghilangkan perasaan khawatir dan cemas, hingga menolak wabah dan segala macam bentuk bahaya yang lainnya.

Sedekah merupakan amalan yang dilakukan dengan memberikan sesuatu kepada orang lain dengan ikhlas tanpa mengharapkan imbalan. Bentuknya tidak hanya memberikan harta dan benda, karena amal kebaikan yang kita lakukan bahkan senyuman juga bernilai sedekah di sisi Allah.

Tidak akan merugi orang yang gemar bersedekah semasa hidupnya, karena sedekah memiliki banyak keutamaan yang akan dirasakan manfaatnya. Berikut keutamaan sedekah yang perlu kita ketahui

1, Mengindarkan diri dari penyakit

Atas izin Allah SWT sedekah dapat menjadi obat penyembuh bagi orang yang sakit jika orang tersebut meniatkan kesembuhan ketika bersedekah. Rasulullah pernah mencontohkan jika tak ada obat dari suatu penyakit, maka bersedekahlah.

“jagalah harta kalian dengan zakat, obatilah orang yang sakit di antara kalian dengan bersedekah dan tolaklah bala’ dengan doa” (HR. Thabrani)

2. Menenangkan hati dari perasaan khawatir dan cemas

Allah SWT menjanjikan hati yang tenang kepada orang-orang yang bersedekah. Rasa khawatir, cemas dan gelisah dapat diobati dengan cara bersedekah.

Janji Allah SWT itu sesuai dengan surat Al-Baqarah ayat 274.

“Orang-orang yang menafkahkan hartanya di malam dan di siang hari secara tersembunyi dan terang-terangan, maka mereka mendapat pahala di sisi Tuhannya. Tidak ada kekhawatiran terhadap mereka dan tidak (pula) mereka bersedih hati,” terjemahan surat Al-Baqarah ayat 274.

3. Menolak wabah dan menolak bala

Manfaat lain dari sedekah yang telah diajarkan oleh Nabi Muhammad SAW adalah terlindungi dari bala, musibah, atau bencana. Sedekah yang Kita berikan bisa membantu menutup datangnya keburukan. Nabi Muhammad SAW bersabda, “Sedekah menutup tujuh puluh pintu keburukan.” (HR. Thabrani).

Hadits ini juga diperkuat oleh sabda lain Nabi Muhammad SAW terkait manfaat sedekah dalam menolak bala,

“Bersegeralah bersedekah, sebab bala bencana tidak pernah bisa mendahului sedekah. Belilah semua kesulitanmu dengan sedekah. Obatilah penyakitmu dengan sedekah. Sedekah itu sesuatu yang ajaib. Sedekah menolah tujuh puluh macam bala dan bencana, dan yang paling ringan adalah penyakit kusta dan sopak (vitiligo).” (HR Baihaqi dan Thabrani)

4.Menggugurkan dosa

Sedekah juga dapat menghapus dosa-dosa yang telah diperbuat. Hal ini sesuai dengan hadis riwayat At Tirmidzi yang menyebutkan sedekah dapat menghapus dosa seperti air memadamkan api.

“Sedekah itu dapat menghapus dosa sebagaimana air itu memadamkan api“.(HR. At-Tirmidzi).

5. Membuka pintu rezeki

Allah menjanjikan orang yang bersedekah tidak akan kekurangan harta benda. Di sisi lain, Allah memberikan keberkahan pada harta tersebut. Allah SWT berfirman,

“Dan barang apa saja yang kamu nafkahkan, maka Allah akan menggantinya dan Dia lah Pemberi rezeki yang sebaik-baiknya” (Qs Saba’ 39)

6. Terhindar dari siksaan kubur

Bersedekah dapat membuat seseorang terhindar dari siksa kubur dan memperoleh naungan di hari pembalasan. Allah juga menyediakan pintu surga khusus bagi orang yang rajin bersedekah.

Rasulullah saw bersabda, “Sedekah akan memadamkan api siksaan di dalam kubur.” (HR. Thabrani)

7. Pahala yang terus mengalir

Sedekah termasuk dalam pahala yang terus mengalir kepada seseorang. Dalam hadis riwayat Muslim dijelaskan Rasulullah bersabda, jika seseorang meninggal dunia, maka terputuslah amalannya kecuali tiga perkara yaitu sedekah jariah, ilmu yang bermanfaat, dan doa anak yang soleh.

DQ memberikan wadah untuk para sahabat dermawan yang ingin bersedekah: Sedekah Jariyah DQ

Share This