fbpx

Lembaga sosial dan kemanusiaan Dompet Al Quran Indonesia – DQ menggelar program 1000aksi #bersamaDQlawancorona. Melalui beberapa kegiatan preventif, DQ mengajak masyarakat untuk bersama-sama terlibat dalam mencegah penyebaran Covid-19 di Jawa Timur.

Diantaranya adalah penempatan wastafel portable di beberapa titik fasilitas umum (terminal, stasiun, fasum, dan lain-lain). Termasuk pembagian sabun cuci, pembagian makanan, dan vitamin untuk warga yang kurang mampu. Ditambah penyemprotan desinfektan di beberapa fasilitas umum.

Langkah awal kegiatan ini dilakukan oleh Relawan Kemanusiaan DQ di Masjid dan Pondok Pesantren Tahfidz Darul Fikri Anggaswangi, Kecamatan Sukodono, Kabupaten Sidoarjo pada Sabtu (21/3).

Baca juga: Antisipasi Corona, Begini Cara Membuat Hand Sanitizer yang Praktis dan Mudah

Dalam aksinya, relawan lembaga DQ mengenakan APD (Alat Perlindungan Diri) seperti masker, pelindung mata, kaos tangan dan baju pelindung. Relawan menyemprot gedung berlantai tiga yang saat ini sedang kosong. Tempat tersebut kosong karena semua santri dan tenaga pengajar tengah belajar dari rumah masing-masing sejak sepekan lalu.

Agung Heru Setiawan selaku direktur DQ mengungkapkan bahwa tujuan dari aksi ini adalah dalam rangka merespon kebijakan dari pemerintah terkait darurat corona. Melihat di Jawa Timur sudah lebih dari 600 orang berstatus dalam pemantuan (ODP). Selain itu, sebanyak 72 pasien dalam pengawasan (PDP) dan 15 orang telah dinyatakan positif Covid-19.

“Kita ingin membantu masyarakat menjaga kebersihan diri dari kemungkinan dihinggapi virus ini. Mengingat ukurannya yang teramat kecil, tidak mudah untuk mengetahu keberadaannya. Dengan selalu menjaga kebersihan diri dengan selalu mencuci tangan setiap usai menyentuh berbagai fasilitas umum, penyebaran virus ini dapat diminmalisir. Tak lupa membersihkan fasilitas umum dengan cairan desinfektan untuk dapat membunuh virus yang hiunggap di berbagai tempat,” ujar Agung Heru Setiawan

Baca juga: Pandangan Islam Perihal Menimbun Barang, Termasuk Masker Saat Wabah Corona

“Melalui 1000Aksi #BersamaDQLawanCorona, kita akan mengirimkan relawan untuk melakukan penyemprotan di rumah ibadah, sekolah dan fasilitas umum lainnya se-Jawa Timur. Mengingat kemampuan pemerintah yang terbatas, tidak salah bila seluruh elemen masyarakat ikut turun tangan. Seperti terlibat aktif dalam berbagai kegiatan yang dapat dilakukan sesuai kemampuannya,” imbuh Agung Heru Setiawan. Kegiatan ini diawali dari 10 kabupaten di mana cabang DQ berada. Selain itu diharapkan sebelum akhir bulan ini seluruh kota kabupaten se-Jawa Timur dapat menikmati hasilnya.

Kegiatan yang dilakukan dengan menggalang kepedulian dari beberapa donator di masyarakat yang memiliki perhatian untuk mencegah penyebaran pandemic ini semakin meluas. Tercatat sudah banyak relawan mulai dari kabupaten banyuwangi di ujung timur jawa timur  hingga kabupaten ngawi di ujung barat  yang ingin terlibat dalam kegiatan ini.

Besarnya animo masyarakat ini menjadi bukti bahwa kesetiakawanan sosial yang menjadi ciri khas dari masyarakat tidak hilang. Bahkan, semakin tumbuh dan berkembang khususnya disaat kondisi darurat. Untuk itu lembaga DQ memberikan prasyarat khusus agar yang menjadi relawan benar-benar layak untuk melakukan tugas yang tidak mudah ini. Bagi masyarakat yang ingin mendapatkan pelayanan penyemprotan desinfektan dapat langsung menghubungi kantor DG baik di pusat maupun cabang atau dapat menghubungi nomer kontak yang tersebar di berbagai social media.

Share This