fbpx

Tahun 202 Dompet Al-Qur’an Indonesia (DQ) mengadakan serangkaian agenda perayaan hari besar bagi umat islam di Indonesia santri. Perayaan itu dimulai dari peringatan hari santri hingga maulid Nabi Muhammad SAW.

Dalam konteks perayaan hari santri DQ mengadakan lomba rias busana di Desa Ngembat Kecamatan Gondang, Kabupaten Mojokerto. “Setelah dihias anak-anak melakukan pawai keliling desa dengan penuh semarak.  Anak-anak sangat senang dengan adanya lomba rias busana ini.

Setelah pawai keliling desa, anak-anak juga diajak berpartisipasi dalam lomba lomba pidato dan baca puisi. Lomba ini dilakukan dalam rangka mengembangkan kepemimpinan di dalam diri para santri.

Baca juga: Pemberdayaan Ternak Kambing Etawa, Wujud ‘Economy Care’ DQ Probolinggo

“Salah satu cara menanamkan jiwa kepemimpinan adalah dengan membuat mereka terbiasa berbicara di depan publik. Lewat lomba pidato dan baca puisi ini anak-anak bisa belajar keberanian, public speaking, dan leadership,”  ungkap Puguh Santosa selaku kepala cabang DQ Mojokerto.

Puguh menambahkan DQ juga mengadakan pembagian Iqro untuk Taman Pendidikan Al-Qur’an (TPQ) Darussalam di Desa Puloniti, Kecamatan Bangsal, Mojokerto untuk merayakan hari santri. DQ memberikan 30 mushaf Iqro pada TPQ Darussalam untuk membantu proses belajar membaca Al-Qur’an para santri yang belum memiliki Iqro.

Lukman Hadi selaku kepala TPQ Darussalam mengaku sangat senang dengan pengadaan Iqro di TPQ-nya. “Maklum ada banyak santri kami yang belum memiliki Iqro. Alhamdulilah dengan ini santri kami jadi semakin semangat dalam belajar membaca Al-Qur’an. Saya ucapkan terima kasih atas Iqro yang telah diberikan,” ungkap Hadi.

Baca juga: DQ Bina Mualaf di Pamekasan

Direktur DQ Agung Heru Setiawan mengungkapkan komitmennya untuk terus berdakwah memajukan Islam di berbagai pelosok daerah. “Tahun 2020 ini DQ memilih Kabupaten Mojokerto sebagai medan dakwah untuk terus diberdayakan. Hal ini juga tidak lepas dari kondisi objektif masyarakat Mojokerto yang haus akan ilmu agama,” ungkap Agung.

Agung menambahkan serangkaian agenda perayaan hari besar islam di indonesia ditutup dengan hadrah pada malam maulid nabi. Acara tersebut digelar sebagai ungkapan cinta pada Nabi Muhammad SAW.

“Alhamdulilah serangkaian agenda perayaan hari besar di Mojokerto berjalan lancar. DQ berharap tahun depan bisa mengadakan perayaan hari besar Islam di seluruh cabang DQ agar gema dakwah Islam bisa semakin luas,” tutup Agung.

Share This