fbpx

Dalam Islam, sedekah merupakan salah satu amalan yang sangat penting dan dianjurkan untuk dilakukan oleh umat muslim. Orang yang mau bersedekah tidak akan rugi karena Allah menjanjikan ganjaran yang begitu besar. Dalam bersedekah, terdapat waktu utama bersedekah yang dianjurkan dalam hadits Rasulullah SAW.

Waktu-waktu tersebut menjadi waktu yang afdal untuk melakukan sedekah kepada siapa saja. Meskipun begitu, tak ada batasan kapan kita diperbolehkan untuk melakukan sedekah. Kita dapat melakukan sedekah kapan saja, hanya waktu-waktu berikut merupakan waktu yang terbaik untuk melakukannya.

Baca juga: Amalan Sedekah Subuh dan Berdoa

Lima Waktu Utama Bersedekah

1.     Waktu Sehat

Kesehatan merupakan nikmat besar yang diberikan Allah SWT pada setiap makhluk yang patut untuk kita syukuri. Tanpa adanya kesehatan, harta maupun yang lainnya tak ada artinya bagi kita. Di saat sehat, sangat dianjurkan untuk melakukan amal kebaikan yang bisa dilakukan, meskipun saat sakit pun kita dianjurkan untuk berbuat kebajikan.

Bersedekah pada waktu sehat sangat dianjurkan, karena bisa jadi dengan bersedekah dapat menjauhkan tubuh dari penyakit.

2.     Waktu Takut Miskin dan Kikir

Kikir dan takut miskin merupakan sifat yang tidak baik untuk ada dalam diri seorang muslim. Dengan sifat kikir terhadap harta bisa menjadikan seseorang selalu menunda untuk berbuat kebaikan pada sesama.

Termasuk waktu utama bersedekah adalah ketika kita sedang merasa kikir dan berat sekali untuk mengeluarkan atau membelanjakan harta karena takut miskin. Dengan bersedekah pada waktu demikian menjadi bukti bahwa kita masih beriman pada takdir Allah SWT.

3.     Waktu Ingin Kaya

Nilai sedekah yang kita berikan tidak terhitung dari banyaknya uang, melainkan banyaknya keikhlasan yang diberikan pada waktu kesusahan. Seperti halnya pada saat menginginkan diri untuk menjadi kaya, sedekah pada waktu ini sangat dianjurkan.

Hal ini dikarenakan nilai uang yang kita punya tidak sama ketika kita di kemudian hari dikabulkan untuk menjadi orang kaya. Misalnya, saat Anda memiliki uang Rp100 ribu dan menyedekahkannya Rp50 ribu, itu lebih baik dibanding saat Anda memiliki uang Rp1 milyar dan Anda hanya bersedekah Rp1 juta saja.

4.     Hari Jumat

Hari Jumat merupakan hari penting bagi umat Islam karena hari Jumat merupakan pemimpinnya hari-hari dalam seminggu. Pada hari ini terjadi banyak peristiwa penting dalam Islam dan memiliki banyak keutamaan.

Termasuk dalam hal bersedekah, hari Jumat merupakan salah satu waktu yang afdal untuk bersedekah. Sedekah pada hari Jumat lebih baik dibanding sedekah pada hari-hari lainnya dalam seminggu.

Baca juga: Tabung Pahala dengan Bersedekah

5.     Waktu Pagi Hari

Pagi hari adalah waktu memulai aktivitas yang sangat afdal dijadikan waktu untuk bersedekah. Malaikat akan mendoakan orang-orang yang mau menyisihkan hartanya untuk bersedekah di waktu ini. Sebagaimana yang kita tahu, waktu pagi hari banyak orang-orang kurang mampu yang mungkin akan bekerja tanpa sesuap nasi.

Sehingga sedekah di waktu pagi hari dapat meringankan beban dan membangkitkan senyum orang-orang yang kita bantu.

Pahala sedekah subuh salah satunya bisa Anda dapatkan dengan bersedekah melalui lembaga Dompet Alquran Indonesia (DQ). Bersedekah di sini berarti Anda turut serta membantu anak-anak yatim dan dhuafa yang kurang berkecukupan untuk memperoleh pendidikan tahfidz demi mengembangkan soft skills dan kualitasnya.

Uluran tangan Anda sangat berarti bagi mereka, mengingat kebutuhan tahunan yang ada sekarang ini mencapai angka Rp5 miliar. Dengan bersedekah di DQ, insya Allah Anda akan mendapatkan pahala yang berlipat ganda dan menjadi amal jariyah.

Dengan menyisihkan harta di waktu utama bersedekah yang telah disebutkan di atas, insya Allah dapat menjadi ladang pahala. Yang akan menjadikan kita sebagai salah satu hamba yang Allah ridhai dan cintai.

Share This