fbpx

Sedekah merupakan amal yang sangat penting dan sangat dianjurkan untuk dilakukan dalam ajaran agama Islam. Dengan bersedekah, kita bisa membantu sesama yang sedang dalam kekurangan materi. Selain membantu dalam hal materi, sedekah juga bisa membuat saudara kita tersenyum. Ada banyak sekali manfaat dan keutamaan melakukan sedekah yang bisa Anda dapatkan.

Tak terbatas pada materi, sedekah bisa dilakukan siapa saja karena harta bukanlah satu-satunya patokan dalam bersedekah. Namun, memang hartalah yang menjadi sedekah yang paling utama selain menolong dengan perbuatan dan sikap. Jika Anda memiliki harta, sangat dianjurkan untuk melakukan sedekah agar harta Anda menjadi berkah.

Baca juga: Amalan Sedekah Subuh dan Berdoa

Keutamaan Melakukan Sedekah

1.     Pahala yang Melimpah

Janji Allah SWT pada orang-orang yang mau bersedekah adalah mendapatkan pahala yang berlipat ganda. Allah menegaskan bahwasanya dengan bersedekah, harta seorang muslim tidak akan berkurang, justru akan ditambah nikmatnya.

Amalan sedekah jariyah juga bisa menjadi salah satu ladang pahala baik saat seorang muslim masih hidup maupun sudah berada di liang lahat.

2.     Memanjangkan Umur dan Mencegah Su’ul Khatimah

Keutamaan melakukan sedekah kedua adalah dapat memanjangkan usia seorang muslim. Tetapi yang dimaksud usia di sini bukanlah usia yang sebenarnya, melainkan nama orang itu sendiri yang akan dikenang walau sudah meninggal.

Sedekah akan membuat amal kebaikan Anda akan dikenang dalam waktu yang panjang, lebih panjang dari usia Anda. Selain itu, kematian yang buruk atau su’ul khatimah juga dapat dijauhkan dengan bersedekah.

3.     Menghapuskan Dosa

Sedekah ibarat air dan dosa ibarat api. Jika seseorang mau bersedekah selama hidupnya, dosa-dosa akan padam atau terhapus.  Kita tidak pernah tahu seberapa besar dosa kita, mulai dari dosa kecil yang terus menumpuk menjadi besar.

Oleh sebab itu, jangan pernah ragu untuk memberikan secuil harta yang Anda miliki untuk membantu sesama melalui sedekah.

Baca juga: Waktu yang Tepat untuk Sedekah Anak Yatim

4.     Menjauhkan dari Api Neraka

Sebelumnya telah dikatakan bahwa sedekah dapat melipatgandakan pahala dan menghapuskan dosa-dosa. Pahala yang berlipat ganda serta dosa-dosa yang terhapuskan akan menolong seseorang dari siksa api neraka.

Hal ini sesuai dengan hadits Nabi SAW yang menyebutkan bahwasanya sedekah dengan sebutir kurma pun jika dilakukan dengan ikhlas akan menjauhkan seorang muslim dari api neraka.

5.     Penolong di Hari Kiamat

Pada saat hari akhir nanti, orang-orang yang sudah meninggal akan dibangkitkan di padang mahsyar yang sangat panas karena matahari berada tepat di atas kepala. Tak terbayang panasnya bagaimana, terlebih seseorang akan menunggu amalnya diadili, baik amal baik dan amal buruk.

Tentunya jumlah manusia yang akan diadili tak bisa terhitung karena ada dari zaman manusia pertama hingga manusia akhir zaman. Namun, kita patut bersyukur bahwa Rasulullah SAW telah memberitakan kabar gembira pada umatnya. Beliau bersabda bahwasanya salah satu naungan yang didapat manusia di padang mahsyar adalah sedekahnya.

Dompet Alquran Indonesia (DQ) merupakan salah satu lembaga yang siap menerima uluran sedekah Anda. Nantinya, sedekah akan disalurkan untuk beasiswa anak-anak penghafal alquran yang kurang mampu untuk mencetak generasi penghafal alquran yang bertalenta.

Dengan bantuan yang Anda berikan akan membantu meningkatkan kualitas anak-anak demi generasi bangsa yang cerdas, berakhlak mulia, dan beriman. Mengingat saat ini kebutuhan dana untuk program tersebut mencapai Rp5 miliar per tahunnya, sedekah Anda sangat berarti untuk mewujudkan impian mereka.

Mengetahui betapa pentingnya keutamaan melakukan sedekah, membuat kita seharusnya sadar bahwa sedekah menjadi amal yang sangat utama. Melakukan sedekah dengan konsisten akan mengurangi dosa-dosa dan menolong kita dari siksa Allah SWT, dengan syarat ikhlas dalam melakukannya.

Mengetahui betapa pentingnya keutaamaan melakukan sedekah, membuat kita seharusnya sadar bahwa sedekah menjadi amal yang sangat utama. Melakukan sedekah dengan konsisten akan mengurangi dosa-dosa dan menolong kita dari siksa Allah SWT, dengan syarat ikhlas dalam melakukannya.

Share This