fbpx

Islam merupakan agama penuh kasih sayang yang mengajarkan umatnya untuk selalu berbuat kebajikan, bahkan tidak hanya pada manusia saja melainkan alam dan seisinya. Umumnya manusia hanya bisa berbuat kebajikan saat ia masih hidup. Namun, dalam Islam ada  jenis sedekah jariyah yang pahalanya tak akan terputus walaupun yang melakukannya sudah meninggal.

Dengan mengerjakan salah satu amal jariyah tersebut, kita akan menjadi orang yang selalu berbuat kebajikan walaupun jasad kita sudah tiada. Tak hanya mendatangkan pahala yang tak terputus, dengan amal jariyah kita juga ikut membantu sesama menikmati manfaat dari amal tersebut. Oleh karena itu, selama hidup setidaknya kita pernah mengerjakan amal jariyah.

Baca juga: Sedekah dengan Harta Haram, Apa Jadinya?

Jenis Sedekah Jariyah yang Tak Terputus Pahalanya

1.     Membangun Masjid

Masjid merupakan tempat yang digunakan muslim untuk beribadah pada Allah SWT. Menyisihkan sumbangan untuk pembangunan dan pengembangan masjid sebagai tempat ibadah merupakan amal jariyah yang sangat utama.

Dengan membangun masjid, kita telah menjadi perantara sesama lebih dekat dengan Tuhannya. Tak hanya masjid saja, jenis sedekah jariyah yang sama dengan ini adalah membangun sekolah, rumah sakit, tempat mengaji, dan tempat lainnya yang bermanfaat bagi banyak orang.

2.     Menggali Sumur

Meskipun terdengar sangat sepele, pekerjaan menggali sumur ternyata menjadi salah satu pekerjaan yang mendatangkan pahala. Sumur merupakan sumber air yang menjadi kebutuhan manusia untuk bertahan hidup.

Menggali sumur termasuk pahala jariyah karena mendatangkan manfaat yang terus menerus bagi manusia, sama seperti membangun sekolah, dan yang lainnya.

3.     Mengajarkan Ilmu

Amal jariyah berikutnya yang disebutkan dalam hadis Rasulullah SAW sebagai amal yang tak akan terputus pahalanya adalah ilmu yang bermanfaat. Salah satu cara menjadikan ilmu kita bermanfaat adalah dengan mengajarkannya kepada orang lain.

Tak hanya guru saja yang melakukan amalan ini, melainkan semua orang yang mau mengajarkan atau memberi informasi yang bermanfaat untuk sesama dan dirinya sendiri tentu termasuk mengajarkan ilmu. Karena dengan ilmu sekecil apa pun yang kita ajarkan mampu mengubah hidup orang lain menjadi semakin baik.

Baca juga: Tabung Pahala dengan Bersedekah

4.     Menulis Buku

Tak hanya menyebarkan ilmu lewat pengajaran dan pemberitahuan informasi secara lisan saja, ilmu yang bermanfaat bisa diperoleh dengan menulis buku. Tidak hanya buku berisikan ajaran agama saja, asalkan buku tersebut bermanfaat untuk sesama dan membuat kebajikan, insya Allah itu akan menjadi ladang pahala bagi kita.

Seperti yang kita tahu bahwa buku sangat berperan penting dalam sekolah-sekolah dan pendidikan lainnya. Melalui buku kita bisa mengubah hidup orang dengan pengetahuan yang kita bagikan melalui tulisan.

5.     Menyedekahkan Harta

Sedekah harta layaknya seperti menanam biji-bijian yang suatu hari akan tumbuh menjadi tanaman dan dipanen oleh orang yang menaburkannya. Seseorang yang bersedekah dengan ikhlas seumur hidupnya akan merasakan manfaat sedekah itu baik di dunia terlebih lagi di akhirat nanti.

Hendaknya setiap sesuatu yang kita sedekahkan dilandasi dengan ikhlas hanya karena ingin Allah meridai amalan kita. Dompet Alquran Indonesia (DQ) sebagai lembaga yang membina anak-anak kurang mampu dan yatim piatu menyediakan lahan untuk menjadi ladang sedekah Anda.

Dengan bersedekah di DQ, Anda telah membantu anak-anak tersebut untuk tumbuh dengan akhlak mulia menjadi penghafal Alquran yang mumpuni. Sedekah tersebut insya Allah akan menjadi ladang pahala bagi Anda karena mendatangkan banyak manfaat bagi sesama, terutama mereka yang membutuhkan uluran tangan.

Dengan mengetahui jenis sedekah jariyah di atas, harta, tenaga, dan sumbangan lain yang Anda berikan akan mendapat balasan dari Allah kelak nanti. Untuk itu, jangan ragu untuk selalu bersedekah di jalan Allah dengan ikhlas.

Bagi yang ingin berdonasi bisa langsung ke Kantor DQ

Alamat: Ruko Citra City R-28, Jl. Sarirogo, Sari Rogo, Kec. Sidoarjo, Kabupaten Sidoarjo, Jawa Timur 61229

Hotline: 0813 8500 2300

Website: https://dompetalquran.or.id/

FB : Dompet Alquran

Fanpage: Dompet Alquran Indonesia

Instagram: @dompetalquran

 

Rekening Donasi:

BSM: 7088 135 355

Mandiri: 141 001 317 3646

BNI Syariah 4002 4004 0

A/n. Yayasan Dompet Alquran Indonesia

Share This