fbpx

Salah satu orang-orang mulia yang dekat dengan Allah adalah mereka yang menghafalkan Alquran. Bahkan Allah SWT akan memasukkannya ke dalam golongan keluarga-Nya di akhirat kelak. Tak hanya mendapat kemuliaan di dunia dan akhirat, seorang penghafal Alquran juga memiliki pertolongan. Syafaat penghafal Alquran diperuntukkan untuk keluarganya yang tergolong orang-orang fasik.

Selain syafaat, ada banyak sekali jaminan Allah SWT kepada orang-orang yang sudi menyisakan sedikit ruang di kepalanya untuk ayat-ayat Allah. Seperti halnya sapu, hafalan-hafalan Alquran dapat membersihkan pikiran-pikiran penghafalnya dari kebodohan.

Baca juga: Ingin Pahala Terus Mengalir? Amalkan Sedekah Jariyah Berikut

Alquran Memberi Syafaat Pembacanya

Sebelum melangkah ke pembahasan mengenai syafaat para penghafal Alquran, terlebih dahulu membahas sedikit mengenai pertolongan Alquran terhadap orang yang membacanya. Dengan begitu, orang-orang yang tak menghafal Alquran tidak akan bersedih hati.

Tak perlu khawatir jika Anda bukanlah penghafal Alquran, karena Anda bisa memperoleh syafaat Alquran dengan membacanya. Sebaliknya, Alquran akan mengantarkan pada laknat Allah jika Anda hanya menyimpannya di lemari hingga tertutup usang tanpa menyentuhnya untuk dibaca.

Syafaat Penghafal Alquran

Seperti yang telah dikatakan sebelumnya, para penghafal Alquran memperoleh keistimewaan, yakni mampu memberikan 10 syafaat untuk keluarganya yang telah divonis masuk ke neraka. Penghafal di sini bisa berarti orang yang memang benar-benar hafal seluruh isi Alquran baik diperoleh dengan cara menghafalkan dengan keinginan untuk hafal maupun tanpa niat (karena biasa membaca jadi hafal).

Itu artinya, meski Anda tidak pernah ada niatan untuk menjadi para penghafal Alquran, namun Anda bisa hafal karena sering membacanya, Anda tetap masuk ke dalam orang yang mendapatkan 10 Syafaat penghafal Alquran. Hal ini menjadi salah satu anugerah yang dimiliki para umat Rasulullah SAW yang begitu mulia. Adanya syafaat dari penghafal Alquran ini memuat bukti bahwa Alquran adalah agung.

Selain itu, orang-orang yang senantiasa mengamalkan isi Alquran juga masuk ke dalam golongan tersebut. 10 syafaat yang dimiliki para penghafal Alquran ini tidak berlaku untuk orang-orang kafir. Hal ini dikarenakan orang kafir bukanlah golongan umat Rasulullah SAW dan tidak mengimani Allah serta rukun iman yang lainnya. Untuk itu, syafaat itu hanya berlaku bagi keluarga yang muslim saja.

Baca juga: Tabung Pahala dengan Bersedekah

Apa Bedanya Syafaat Alquran dengan Syafaat Lainnya?

Syekh Abdul Fattah al-Qadi menjelaskan bahwasanya syafaat yang dimiliki Alquran berbeda dengan syafaat yang lainnya kelak di hari kiamat. Jika syafaat lain adalah pengobatnya maka syafaat Alquran adalah pencegahnya.

Syafaat lainnya menyelamatkan seseorang yang mendapatkan siksa api neraka ketika orang tersebut sudah divonis masuk neraka. Sedangkan syafaat Alquran menolong seseorang untuk tidak tercebur ke dalam api neraka (sebelum divonis masuk neraka).

Syafaat Alquran menolong seseorang sebelum ia sampai ke jurang neraka, sedangkan syafaat lainnya tidak. Itulah keistimewaan yang dimiliki oleh Alquran sebagai kitab agung yang diturunkan kepada Nabi Muhammad SAW. Tak hanya menjadi penolong, ia juga bisa menjadi laknat bagi siapa saja yang mengabaikannya ketika hidup di dunia.

Dompet Alquran Indonesia (DQ) merupakan salah satu lembaga yang menaungi anak-anak calon penghafal Alquran. Lembaga tersebut sedang membutuhkan uluran tangan Anda untuk kebutuhan beasiswa anak-anak yatim dan dhuafa sebesar Rp5 miliar per tahunnya.

Dengan menyedekahkan sedikit harta Anda di DQ, insya Allah Anda akan mendapatkan pahala yang berlipat dari Allah SWT, mengingat kedudukan para penghafal Alquran begitu mulia. Menjadi perantara mereka tergolong mulia dan masuk ke dalam amal jariyah.

Syafaat penghafal Alquran dapat Anda peroleh dengan mengantarkan anak-anak menjadi para penghafal Alquran. Selain itu, selalu sempatkan untuk membaca kalam Allah tersebut di sela-sela kesibukan, agar Alquran tidak menjadi laknat dan pengantar kita ke neraka.

Bagi yang ingin berdonasi bisa langsung ke Kantor DQ

Alamat: Ruko Citra City R-28, Jl. Sarirogo, Sari Rogo, Kec. Sidoarjo, Kabupaten Sidoarjo, Jawa Timur 61229

Hotline: 0813 8500 2300

Website: https://dompetalquran.or.id/

FB : Dompet Alquran

Fanpage: Dompet Alquran Indonesia

Instagram: @dompetalquran

 

Rekening Donasi:

BSM: 7088 135 355

Mandiri: 141 001 317 3646

BNI Syariah 4002 4004 0

A/n. Yayasan Dompet Alquran Indonesia

 

Share This