fbpx

Anak-anak yatim piatu merupakan anak-anak yang telah ditinggalkan oleh orang tuanya karena sudah tiada. Anak yatim mendapat perhatian yang sangat besar dalam ajaran Islam, karena Rasulullah sendiri terlahir yatim. Karena mulianya kedudukan anak-anak yatim ini, Rasulullah memerintahkan umatnya untuk selalu memelihara anak yatim semampunya.

Bukan hanya tanpa ayah dan tanpa ibu atau salah satunya, anak yatim tidak memiliki sosok pendamping dalam hidupnya, tanpa bimbingan seorang ayah dan tanpa kasih sayang seorang ibu. Sehingga meringankan beban anak-anak yatim piatu merupakan hal yang mulia dan dicatat sebagai pahala yang besar di sisi Allah SWT.

Baca juga: Jangan Sia-siakan Para Penghafal Alquran setelah Mengetahui Hal Ini!

Kemuliaan Memelihara Anak Yatim

1.     Memperoleh Pertolongan di Hari Kiamat

Berlaku baik dan bertutur kata manis pada anak yatim piatu merupakan salah satu perbuatan yang dapat menolong kita kelak di hari kiamat. Kita diperintahkan untuk menyantuni anak yatim piatu semampu kita. Jika tidak mampu memberikan kebahagiaan pada mereka, janganlah memberikan kesedihan kepada mereka.

Sayangi dan kasihi mereka selama hidup di dunia dan jangan pernah menyakitinya barang satu kata pun. Orang-orang yang mengasihi dengan tulus pada anak-anak yatim akan memperoleh pertolongan yang sangat besar di hari kiamat nanti.

2.     Mempertebal Keimanan

Memelihara anak yatim dengan menafkah harta untuk mereka menjadikan harta kita menjadi bersih dan lebih berkah. Selain itu, dengan menyedekahkan harta di jalan Allah melalui perantara anak yatim dapat mempertebal keimanan yang mengantarkan kita pada derajat ketakwaan.

Untuk itu, jangan ragu untuk menafkahkan harta Anda di jalan Allah dengan memelihara anak-anak yatim piatu. Tidak hanya harta, kasih sayang yang Anda berikan dalam bentuk tindakan dan tutur kata yang halus juga digolongkan sebagai nafkah anak yatim. Karena dengan senyum dan kasih yang Anda berikan mampu meringankan beban mereka menjalani hidup dalam kesepian tanpa orang tua.

Baca juga: Waktu yang Tepat untuk Sedekah Anak Yatim

3.     Kebutuhan Hidup Terpenuhi

Menyedekahkan harta di jalan Allah untuk menafkahi anak yatim tidak akan membuat harta Anda berkurang dan menjadi miskin. Justru dengan sedekah ini Anda bisa memperoleh nikmat harta yang bahkan lebih banyak dari yang Anda miliki. Ibaratnya anak yatim adalah titipan dari Allah untuk dijaga dan disayangi.

Allah menitipkan harta pada Anda untuk sedikit dinafkahkan pada anak yatim piatu. Ibarat seseorang menitipkan anaknya pada Anda dan memberi Anda uang untuk jajan anak tersebut, tentu orang tua akan merasa senang jika anaknya mendapat jajannya dengan uang itu. Bahkan orang tua tersebut tak akan segan memberikan imbalan dan tambahan uang karena senang menitipkan anaknya pada Anda.

Namun, di luar sana masih banyak anak yatim yang membutuhkan pendidikan yang mumpuni untuk meningkatkan kualitas hidup masa depan mereka. Mereka butuh bantuan kita sebagai orang yang mampu untuk mengubah hidup mereka menjadi lebih baik. Menyantuni anak yatim tidak akan membuat Anda miskin. Justru sebaliknya, kebutuhan hidup Anda akan terpenuhi dan mendapat keberkahan.

Dompet Alquran Indonesia (DQ) sebagai lembaga yang membimbing anak-anak yatim dan dhuafa yang menghafalkan Alquran, menyediakan ladang bagi Anda untuk membantu mereka. Mereka tentu akan sangat senang dengan uluran tangan Anda karena mampu meringankan beban mereka.

Untuk itu, sedekah subuh yang Anda berikan melalui DQ akan sangat bermanfaat, baik untuk Anda sendiri maupun untuk anak-anak yatim dan dhuafa yang menerimanya. Memelihara anak yatim menjadi amalan yang sangat utama bagi seorang muslim yang beriman. Jika bukan kita, siapa lagi yang mampu mengulurkan tangan pada anak-anak mulia titipan Allah SWT.

Bagi yang ingin berdonasi bisa langsung ke Kantor DQ

Alamat: Ruko Citra City R-28, Jl. Sarirogo, Sari Rogo, Kec. Sidoarjo, Kabupaten Sidoarjo, Jawa Timur 61229

Hotline: 0813 8500 2300

Website: https://dompetalquran.or.id/

FB : Dompet Alquran

Fanpage: Dompet Alquran Indonesia

Instagram: @dompetalquran

 

Rekening Donasi:

BSM: 7088 135 355

Mandiri: 141 001 317 3646

BNI Syariah 4002 4004 0

A/n. Yayasan Dompet Alquran Indonesia

 

Share This