fbpx

Lebaran Haji atau Idul Adha dimaknai dengan berqurban dan berbagi kepada saudara kita yang membutuhkan. Pada hari inilah mayoritas masyarakat Indonesia akan berbondong-bondong untuk menyembelih hewan qurban baik itu sapi, kambing atau domba.

Seperti dikutip dalam Al-Qur’an Surat Al Hajj : 34

وَلِكُلِّ أُمَّةٍ جَعَلْنَا مَنسَكًا لِّيَذْكُرُوا۟ ٱسْمَ ٱللَّهِ عَلَىٰ مَا رَزَقَهُم مِّنۢ بَهِيمَةِ ٱلْأَنْعَٰمِ ۗ فَإِلَٰهُكُمْ إِلَٰهٌ وَٰحِدٌ فَلَهُۥٓ أَسْلِمُوا۟ ۗ وَبَشِّرِ ٱلْمُخْبِتِينَ

Wa likulli ummatin ja’alnā mansakal liyażkurusmallāhi ‘alā mā razaqahum mim bahīmatil-an’ām, fa ilāhukum ilāhuw wāḥidun fa lahū aslimụ, wa basysyiril-mukhbitīn.

Artinya:

“Dan bagi tiap-tiap umat telah Kami syariatkan penyembelihan (kurban), supaya mereka menyebut nama Allah terhadap binatang ternak yang telah direzekikan Allah kepada mereka, maka Tuhanmu ialah Tuhan Yang Maha Esa, karena itu berserah dirilah kamu kepada-Nya. Dan berilah kabar gembira kepada orang-orang yang tunduk patuh (kepada Allah).”

Perlu kita ketahui jika ibadah qurban adalah wujud nyata penghambaan yang ikhlas karena Allah, dimana seorang muslim mendekatkan diri kepada Allah dengan menumpahkan darah binatang qurban secara syari’at. Dengan berqurban sama dengan kita menabung pahala untuk di akhirat kelak, karena malaikat akan mencatat setiap amalan baik yang kita lakukan.

Baca juga: QURBANOLAGI: Membuat Manfaat Qurban Semakin Kuat

Pengertian lain dari Idul Adha adalah hewan tertentu yang disembelih dengan niat ibadah dan ketaatan kepada Allah SWT. Hukum qurban sendiri merupakan sunnah yang dianjurkan (Muakkad) bagi mereka yang mampu. Sementara untuk berqurban secara online, menurut para ulama diperbolehkan, sebab tidak ada dalil jelas hingga saat ini yang melarang hal tersebut.

Di masa pandemi Covid-19 ini memang sangatlah gencar penjualan hewan qurban dengan cara online. untuk itu DQ sebagai lembaga sosial kemanusiaan, siap melayani para sahabat dermawan untuk berqurban secara online. Tujuannya tidak lain untuk memudahkan sahabat yang ingin berqurban, namuntidak punya banyak waktu alias sibuk.

Keistimewaan beli hewan qurban secara online adalah lebih efisien dan efektif, sebab daging qurban akan langsung disalurkan ke wilayah yang lebih luas terutama di daerah yang tertinggal, dan pedalaman, serta belum pernah menikmati daging hewan qurban. Selain itu dengan berqurban secara online, pequrban juga akan mendapatkan laporan qurban secara lengkap, dan akan selalu diberikan update ketika pemotongan. Lantas berapa harga hewan qurban di DQ? Berikut informasi selengkapnya.

Kambing: Rp. 2.800.000,- / ekor
Sapi: Rp. 18.500.000,- / ekor
Sapi Kolektif: Rp. 2.700.000,-/paketnya

Adapun, paket yang disediakan oleh DQ adalah sebagai berikut:

  1. QURBAN NIKMAT

Adalah paket qurban dengan harga standar saat bulan qurban

  1. QURBAN MUDAH

Adalah paket qurban dengan mencicil harga hewan qurban sebanyak 3 kali ( Mei – Juni – Juli ) atau misal harga hewan qurban Rp.2.400.000,-/ekor maka cicilannya adalah  @Rp.800.000,- / bulannya

  1. QURBAN CEPAT

Adalah paket qurban yang harganya berbeda setiap bulannya. Semakin awal membeli hewan qurban semakin murah harga perekornya

  1. WAKAF QURBAN

Adalah paket qurban sejumlah 4 ekor kambing betina dan 2 ekor kambing jantan untuk dikelola menjadi produk investasi abadi. Di tahun ke dua akan dikeluarkan setiap tahunnya 1 (satu) ekor hewan qurban atas nama muwakif.

  1. HADIAH QURBAN

Adalah paket qurban dengan cara patungan / mengumpulkan dari beberapa pequrban dan diatasnamakan kepada seseorang. Memberikan hadiah qurban kepada mereka yang tidak pernah/mampu berqurban sehingga bisa merasakan nikmatnya berqurban.

Apa aja sih manfaat berqurban di qurbanolagi?

  1. Mudah
  2. Sederhana
  3. Mengembangkan dan menguatkan ekonomi peternak kecil
  4. Paket daging qurban disebar ke penerima yang belum pernah merasakan / menerima di daerah terpencil
  5. Hewan qurban terbaik dan sesuai syar’i
  6. Mendapatkan laporan kegiatan pemotongan dan distribusi hewan qurban (softcopy dan hardcopy)

Jadi tunggu apalagi, yuk segera berqurban. Jadikan hari Raya Idul Adhu-mu semakin berkah dengan hewan yang kita qurbankan. (Formulir Qurbanolagi)

Share This